Tugas 2
Kasus 1
Pelayanan Kantor Pos yang
Mementingkan Kepentingan Pribadi
Beberapa bulan yang lalu saya mengunjungi salah satu kantor
pos yang ada di daerah saya. Ketika saya sedang duduk menunggu giliran untuk ke counter 3, saya kira pelayanannya cepat dan saya tidak akan
menunggu lama. Tetapi keadaannya berbeda, saat itu sudah waktunya giliran saya
untuk kedepan memberikan sebuah paket yang akan saya kirimkan, tetapi sebelum
memberikan pelayanan kepada saya, petugas tersebut pergi melewati pintu
belakang. Saya kira dia hanya pergi ke toilet sebentar, atau memanggil rekannya
untuk menggantikan posisinya. Setelah beberapa menit berlalu, petugas tersebut
tak kembali ke tempat duduknya, akhirnya saya bertanya kepada petugas di counter sebelahnya, dan ia memanggil
rekannya tersebut di ruang belakang. Ternyata sang petugas malah asik makan,
dan tanpa mengucapkan kata maaf, ia langsung melayani saya.
Jadi fator sumber daya manusia manusia
dan kerja sama anggotannya sangat perlu diperhatikan guna membangun sebuah
manajemen yang baik.
Kasus
2
Kecurangan
Pengambilan Nomor Antrian di Rumah Sakit
Saat itu saya sedang menemani
saudara saya berobat di salah satu rumah
sakit daerah di Bogor. Ada praktik kecurangan yang saya lihat, sebelum ke rumah
sakit, ayah dari saudara saya menelpon temannya yang kebetulan bekerja di rumah
sakit tersebut untuk meminta tolong mengambil
nomor antrian di poli THT untuk kemudian di berikan kepada anaknya. Karena
ramainya pasien di rumah sakit daerah, makanya perwakilan pengambilan nomor
antrian sering kali terjadi. Setelah tiba di rumah sakit, kami langsung menemui
teman om saya, dan proses pendaftaran pun berbeda dari yang lain. Ketika pasien
lain mengantri untuk mendaftar, kami cukup ke salah satu meja yang bukan di
khususkan untuk mengantri dan kami pun melakukan pendaftaran dengan cepat dan
mendapat nomor antrian pertama. Setelah semua proses pendaftaran selesai, kami
langsung menuju poli THT menunggu kedatangan dokter yang sedang bertugas.
Hal ini memang sangat menguntungkan
bagi salah satu pihak agar tidak menunggu antrian terlalu lama, tetapi disisi
lain hal ini sangat berbeda dengan prosedur yang berlaku, dimana setiap pasien harus
mengantri mengambil nomor antrian dan melakukan pendaftaran secara bergilir.
Jadi proses pengawasan dalam suatu perusahaan/pelayanan
umum sangat penting untuk diperhatikan.
0 komentar:
Posting Komentar